Riset pasar memang salah satu aspek yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Dengan melakukan riset pasar nantinya akan banyak aspek yang bisa kita ketahui. Dengan adanya riset pasar maka ide dan konsep bisnis nantinya akan bisa dimiliki.

Dalam melakukan riset pasar itu yang biasanya dicari informasinya adalah soal harga pasar, analisis target market, analisis kompetitor dan juga hal-hal lainnya. Memang sangat sulit untuk mengetahui soal analisa harga pasar, soal target market dan juga soal analisa kompetitor akan tetapi semua ini bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Untuk kalian yang sedang bingung dalam menentukan alat untuk melakukan riset pasar, silahkan simak beberapa informasi alat yang akan kita bagikan dibawah ini.

GOOGLE TOOLS

Mengapa dituliskan google tools? karena banyak sekali alat yang bisa digunakan dari Google ini. Seperti Google Keyword Planner dengan alat ini kita bisa melihat kata kunci yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet atau calon konsumen kita, alat ini juga bisa memperlihatkan seberapa kompetitif kata kunci tersebut. Untuk menggunakan alat ini kamu bisa masuk ke halaman Google Adwords terlebih dahulu ya.

Selain keyword planner, kamu juga bisa menggunakan alat google yang lain yang namanya Google Trend. Jadi google trend ini adalah alat yang digunakan untuk mencari tren atau seberapa banyak orang mencari sebuah keyword. Google trend ini bisa mempersempit pencarian sampai dengan tingkat provinsi sehingga hasil yang didapatkan mungkin bisa lebih nyata dan akurat lagi. Selain itu melalui Google trend kamu juga bisa melakukan komparasi perbandingan langsung maksimal 5 kata kunci.

Google Keyword Planner
Google Trends

UBERSUGGEST

Menggunakan tool seperti ini akan memudahkan pekerjaan Anda, terlebih lagi proses keyword research bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak informasi yang harus Anda miliki agar bisa memilih keyword mana yang bisa Anda jadikan target keyword.

Ubersuggest merupakan tool gratis, lengkap, dan populer ciptaan Neil Patel. Tool ini bisa membantu Anda untuk mencari keyword – keyword yang bisa digunakan untuk meningkatkan optimasi dari SEO Anda. Ada banyak informasi berguna yang akan diberikan oleh Ubersuggest untuk bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih keyword Anda.

Ubersuggest

Social Mention

Social Mention adalah mesin pencari media sosial real-time yang dapat membantu Anda memahami apa yang sedang dibicarakan calon pelanggan Anda secara online. Pencarian kata kunci dan Sebutan di sosial media atau tag akan menampilkan posting sosial terbaru yang berisi kata kunci tersebut, bersama dengan daftar kata kunci terkait dan wawasan lainnya.

Social mention tool

Facebook Database / Facebook Business

Kalau Anda ingin mendirikan sebuah bisnis dengan target market Indonesia, maka Anda bisa mendapatkan data yang sangat akurat dari facebook database ini. Alat yang satu ini memberikan informasi yang hasilnya lebih mendekati benar jika kita bandingkan dengan alat-alat yang lainnya. Hal ini karena dengan alat yang satu ini nantinya Anda dapat melihat berapa banyak yang tertarik dengan bisnis Anda.

Untuk melakukan riset di facebook, caranya pertama Anda klik create dan Ad. Lihat langsung pada bagian kedua. Anda masukkan target pasar yang ingin Anda berikan berdasarkan lokasi, interest dan juga demographics.

Facebook business dashboard

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai alat apa saja yang digunakan untuk melakukan Riset Pasar Sebelum Membangun Bisnis. Semoga dapat bermanfaat. Bila kamu ingin melihat riset pasar untuk apa silahkan klik saja disini yaaa.

sumber artikel : infopeluangusaha, hubspot