Mengapa anda membutuhkan riset pasar? simak penjelasan artikel dibawah ini ya agar bisnis makin maksimal nantinya.

riset pasar untuk produk
Riset pasar sangat diperlukan untuk perkembangan bisnis

Riset pasar adalah sebuah gambaran mengenai kondisi dari pasar terkait dengan produk atau jasa yang kita miliki dan dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha serta memberikan manfaat bagi konsumen yang menjadi target pasar. Dengan melakukan riset pasar, maka secara tidak langsung perusahaan akan mengetahui apakah produk yang telah dibuat berhasil memenuhi harapan sekaligus kebutuhan dari para konsumen.

Ada beberapa cara dan alat – alat yang bisa kita gunakan untuk melakukan riset pasar ini. Selain mempermudah kita dalam melakukan riset pasar, alat ini juga bisa digunakan secara gratis. Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan :

Melakukan survey pasar

Melakukan survey terlebih dahulu sebelum mempromosikan usaha atau menjualnya secara luas adalah satu cara tepat yang sering dilakukan para pebisnis pemula maupun profesional. Disini kita dituntut untuk mengetahui kondisi pasar yang akan menjadi target produk bisnis. Gunakan angket atau kuisioner yang harus diisi oleh masyarakat dan lakukan juga wawancara singkat kepada mereka. Dari situlah kita akan mengetahui kebutuhan dan juga minat dari konsumen itu sendiri yang telah diwakilkan dari perolehan survey yang sudah dibagikan sebelumnya. Semakin banyak dan luas survey yang dilakukan, maka akan semakin valid dan meyakinkan hasil yang akan diperoleh nantinya. Namun melakukan survey tidak mudah karena banyak masyarakat yang sering menolak mengisi angket maupun wawancara sebab tak memiliki banyak waktu. Kita bisa mempersingkatnya dengan cara memberikan sedikit pertanyaan namun langsung menuju intinya agar Kita pun juga menghemat waktu dalam memeriksa jawaban masyarakat.

Mengamati perkembangan pasar

Selain melakukan survey, Kitajuga perlu mengamati atau melakukan observasi terhadap perkembangan pasar yang terlihat saat ini. Artinya adalah kita harus mengetahui tren apa saja yang tengah berkembang di masyarakat dan menjadi incaran dimana-mana sembari mengamati produk yang sudah ada di pasaran sebagai bahan perbandingan. Hal ini akan membuat kita mampu mempertimbangkan keputusan yang lebih bijak terkait dengan adanya produk yang akan kita produksi sebelum akhirnya resmi mengeluarkan produk menuju pasaran. Tentunya hal ini akan mengurangi resiko kegagalan dan mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi ketika resmi menajalankan bisnis tersebut.

Melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap pasar

Sebelum resmi meluncurkan produk menuju pasar, sebaiknya kita melakukan sedikit uji coba terlebih dahulu mengenai produk yang kita miliki di beberapa titik lokasi usaha. Hal ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari masyarakat yang menjadi target pasar. Sebagai contoh kita dapat menitipkan beberapa produk pada sejumlah toko atau memberikan sampel gratis pada mereka agar kita bisa mengetahui respon sekaligus semakin menyempurnakan produk sebelum disebarluaskan kembali dan dijual resmi agar tak mengecewakan pelanggan.

Lakukan riset kompetitor

Selain melakukan riset terhadap konsumen, kita juga perlu mencari tahu kondisi pasar dan kompetitor. Temukan tantangan atau ancaman dalam bidang bisnis online yang sedang dijalankan. Data nama-nama kompetitor, jenis pemasaran yang mereka lakukan, dan berapa harga yang ditetapkan mereka. Cara termudah untuk melakukan riset tersebut adalah dengan memanfaatkan internet. Gunakan mesin pencarian seperti Google untuk mengetahui kompetitor yang paling banyak dicari dan mencari kata kunci yang berkaitan dengan produk kamu. Dengan begitu kita akan lebih memahami kondisi pasar dan potensi pertumbuhannya untuk bisnis kita. Lakukan analisis pasar dan kompetitor, agar kamu bisa menyiapkan strategi untuk bersaing dan menyiapkan inovasi yang baru untuk produk kita.

Nah keterangan diatas adalah beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk melakukan riset produk, setelah ini kita akan membahas tentang alat-alatnya di materi selanjutnya. Tetap semangat untuk belajar agar bisnis kita tetap konsisten dan selalu berkembang.

sumber materi : cepetlakoo, koinworks, sirclo